Pengalaman Handling Flash Sale Menggunakan Shopify

June 26, 2020

Pengalaman Handling Flash Sale Menggunakan Shopify

Berbagi pengalman mengenai awal mula handling klien yang mengadakan flash sale menggunakan Shopify.

Awalnya cukup ragu juga karena konsep flash sale ini memang agak baru di Indonesia, pada saat itu masih tahun 2018 dan hanya ada beberapa brand saja yang memiliki demand penjualan sangat tinggi dalam waktu yang sangat singkat.

Klien tadinya menggunakan platform non Shopify dan merasa sangat kecewa karena website sering down. Kalau sudah visitor banyak (ribuan orang) dan mereka semua checkout bersamaan maka web akan down atau error. Bukan hanya pada saat checkout, ketika traffic sudah banyak, maka buka produk biasa saja sudah lambat. Dan untuk checkout bisa membutuhkan waktu 30 menit, dan itupun sering gagal.

Ketika berpindah ke Shopify, konsep flash sale ini berjalan dengan mulus. Sehingga seperti pada gambar dibawah ini ada 4973 orang yang sedang berada di website secara bersamaan (ini data real time per detik), dan 2074 orang sedang checkout.   

Website Shopify mampu menghandle traffic seperti ini dengan tanpa masalah.

Adapun beberapa catatan, diantaranya kami sempat mencoba untuk menggunakan payment gateway seperti Xendit dan Midtrans untuk mengakomodasi pembayaran, namun dari keduanya masih dalam tahapan memperbaiki sistem sehingga saat ini kurang reliable untuk jenis web yang memiliki konsep flash sale seperti ini.

Maka metode pembayaran bank transfer manual masih disarankan.

Salah satu screenshot lain yang telah mencapai 6000+ orang yang sedang berbelanja secara bersamaan. Sehingga website tersebut dapat mecapai 3000 order dalam waktu 5 menit.

Kesimpulan

Shopify saat ini merupakan satu-satunya platform yang mampu menghandle flash sale di Indonesia

Untuk konsultasi mengenai traffic tinggi dan flash sale, silakan hubungi kami di contact@samuelsabandar.com atau WA ke 087780510301.


Talk to us about your project